Jumat, 17 Januari 2014

cara upgrade blackberry sendiri

Belajar Meng-Upgrade Sistem Operasi BlackBerry Sendiri

Posted by andreas at 2013-05-09 21:47:24 (17534 view)
Semua pengguna gadget pastilah menginginkan perangkatnya memiliki sistem operasi terbaik. Alhasil, kita pun akan selalu menunggu-nunggu sebuah software update agar bisa meningkatkan performa dari perangkat kita. Tak terkecuali para pengguna smartphone BlackBerry yang tentunya mendambakan ponsel andalannya bisa bekerja dengan lebih baik lagi.
Namun sayangnya, masih sedikit orang yang mengerti bagaimana cara melakukan software upgrade di perangkat BlackBerry-nya. Alhasil, kita pun memilih jalan yang mudah: pergi ke tempat service ponsel dan membayar seorang “profesional” untuk melakukan upgrade. Padahal, Jerukers bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan komputer PC atau sebuah laptop.
Bagaimanakah cara kita meng-upgrade sistem operasi perangkat BlackBerry. Simak langkah-langkah yang telah JerukNipis susun dari situs Cyber4rt.
  1. Siapkan ponsel BlackBerry-mu
  2. Pastikan kalian memiliki koneksi internet dengan jaringan Wi-Fi yang lancar
  3. Siapkan PC atau laptop dengan operating system Windows (untuk Mac OS gunakan Virtual Windows atau BootCamp)
  4. Siapkan juga kabel USB standard BlackBerry
  5. Install Desktop Manager (DM) di komputermu. Biasanya ada CD driver yang diberikan pada box Blackberry-mu. Jika tidak ada, kamu bisa men-download-nya di BlackBerry Desktop Software.
  6. Install OS yang akan digunakan untuk upgrade. Biasanya sistem akan melakukan auto detect untuk versi OS yang ada di perangkatmu. Jika download file OS tidak sesuai carrier, maka lakukan fungsi ‘Search File’ (including system and hidden files) dengan nama ‘vendor.xml’ Setelah menemukannya, hapus file tersebut. Kalau ternyata nama file sesuai carrier, biarkan saja. (Kalau kalian menggunakan WindowsVista, bisa dicari di : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader).
  7. Installation Wizard akan muncul,
    • klik ‘Next’
    • pilih negara, lalu klik ‘Accept the terms of service’
    • klik ‘Next’ lagi.
  8. Setelah proses instalasi selesai, kamu akan diminta untuk memulai “Blackberry Desktop Manager”. Centang pilihan ini lalu klik ‘Finish’. Secara otomatis Desktop Manager (DM) akan terbuka, silahkan hubungkan ponsel BlackBerry ke PC melalui kabel USB. Seandainya setelah beberapa menit DM tidak terbuka, berarti kamu harus menjalankannya secara manual.
  9. Hubungkan Blackberry ke komputer atau laptop via kabel data USB, lau buka DM. Kalau ada permintaan “Upgrade OS Blackberry” klik ‘Cancel terlebih dulu.
  10. Lakukan backup supaya kalau ada masalah data bisa dikembalikan. Caranya: Run the DM -> Select Backup/Restore –> Backup –> Select dimana kamu akan menyimpan file backup.
  11. Ingat lakukan dengan hati-hati ya …
  12. Selesai backup, masuk ke application loader. Kalau ada permintaan masukkan password Blackberry, masukkan password yang kamu gunakan. Kalau tida, klik ‘OK’.
  13. Pilih ‘Add/Remove Application’ yang akan diikuti oleh munculnya semua file program yang akan di-install. Pilih bahasa dan program/aplikasi bawaan OS apa saja yang akan di-install di Blackberry. Ikuti instruksi di DM tersebut dan tunggu hingga selesai.
  14. Selesai Upgrade OS Blackberry, cabut kabel data, restart Blackberry, tutup Desktop Manager, dan uninstall file OS dari PC/laptop (optional).

0 komentar:

Posting Komentar