Senin, 09 Desember 2013

Stella Cornelia Winarto

Stella JKT48 – The Perfect Muse

” Menawan Di Pentas, Mempesona Di Kamera “
Tulisan ini saya buat sebagai bentuk apresiasi terhadap sosok Stella JKT48 serta semua prestasi dan pencapaian yang telah diukirnya. Semoga banyak himah dan inspirasi yang bisa tersebar lewat tulisan tentang salah satu member paling fashionable di JKT48 ini. Tulisan ini merupakan bagian dari Serial Tulisan Tribute For JKT48 Members yang juga saya terbitkan lewat forum KASKUS.
Short Introduction
Stella Cornelia adalah salah satu member dari Idol Group JKT48.  JKT48 sendiri adalah Idol Group asal Indonesia yang beranggotakan gadis gadis bertalenta. Berbeda dengan group wanita lokal lain yang kebanyakan tidak lepas dari tudingan plagiarisme, JKT48 justru meruapkan official sister dari group Jepang, AKB48 dan bernaung dibawah asuhan produser yang sama.
Didirikan akhir 2011, JKT48 merupakan sister group pertama AKB48 yang berada di luar Jepang. JKT48 dibentuk dan diproduseri langsung Yasushi Akimoto, seorang produser musik kenamaan Jepang yang juga merupakan produser dari AKB48 (Akihabara, Tokyo, Jepang), SKE48 (Sakae, Nagoya, Jepang), NMB48 (Namba, Osaka, Jepang), HKT48 (Hakatta, Fukuoka, Jepang), dan SNH48 (Shanghai, China).
Stella masuk sebagai member JKT48 sebagai anggota generasi pertama yang lulus dari audisi di penghujung tahun 2011 dan melakukan debut di Desember 2011. Saat ini Stella tergabung bersama sejumlah teman seangkatannya di generasi pertama dan dua member transfer asal AKB48 dalam Team J. Stella bersama Team J dari JKT48 saat ini menampilkan Setlist Rennai Kishi Jourei yang saat ini telah dan sedang dipentaskan di Theater JKT48.
Berikut biodata singkat Stella Cornelia :
• Nama Lengkap: Stella Cornelia Winarto
• Nama Panggilan / Julukan: Stella, Ci-Stel, Cici dll
• Tanggal Lahir: 03 November 1994 (umur 18)
• Idol Group: JKT48
• Generasi: 1st Generation
• Team : Team J
• Debut Kenkyuusei: 17 Desember 2011
• Debut Team J: 23 Desember 2012
• Debut di Jepang: 20 Desember 2011 (Line Up JKT48 – Aitakatta @ AKBKouhaku 2011)
• Horoskop: Scorpio
• Tinggi Badan: 156 cm
• Golongan Darah: O
• Warna Favorit: Pink, Hitam
• Penyanyi Idola : Adele, Taylor Swift
• Jejaring Sosiaal : FB ( ) , Twitter ( ), G+ ( )
• Jikoushoukai: Haaii…Dengan senyuman, aku akan menaklukkan dunia! namaku Stella~
Pre Debute Sebagai Idol
Stella mengawali debutnya sebagai Idol dan tergabung dalam Idol Group JKT48 pada akhir Desember 2011. Namun jauh sebelum itu Stella sudah lebih dulu merintis karir di dunia hiburan tanah air. Stella mengawali kiprahnya di dunia showbiz tanah air sebagai model. Kiprahnya di dunia modeling juga telah mengukir pretasi bagi dirinya. Selain itu modal ini juga membuat Stella dikanal sebagai member yang sangat fashionable bersama Ve (Jessica Veranda) dan beberapa member lainnya. Selengkapnya soal Stella di dunia modeling akan kita bahas pada bagian selanjutnya.
Sebelum aktif sebagai Idol, Stella juga cukup intens dengan dunia maya (internet). Sejak mei 2010 hingga saat ia mulai bergabung bersama JKT48 Stella juga cukup aktif menulis blog berisikan modelling dengan alamat http://stellar-stellacornelia.blogspot.com/ Selain itu gadis yang akrab disapa Cici ini juga cukup aktif dalam sejumlah jejaring sosial mulai dari facebook, twitter, tumblr hingga scribd. Kesigapan dan profesionalisme nya sebagai idol membuatnya dengan sigap mengantisipasi regulasi 48 Sister dengan mentertibkan akun akun itu dan beralih aktif ke akun officialnya sebagai member JKT48.
Modelling
Sebagaimana telah disinggung diatas Stella adalah sosok yang sangat fashionable dalam Idol Group JKT48. Bersama Jessica Veranda dia dianggap salah satu member paling modis. Tapi persinggungan Stella dengan dunia fashion dan mode terutama modelling tidak hanya terjadi di JKT48. Jauh sebelum bergabung dengan Idol Group pertama Indonesia ini, Stella lebih dulu meretas impian di panggung hiburan lewat jalur modelling. Kemampuan modelling Stella yang cukup mumpuni baik di muka kamera maupun di lintasan catwalk telah membawa banyak prestasi yang ia dedikasikan untuk kedua orang tuanya.
Kakak dari Sonia Natalia (Sonia JKT48) ini mengawali karir modellingnya di kota Medan dengan bergabung pada agency model bernama Andika Production. Banyak penghargaan yang telah disabetnya dalam dunia modeling seperti Juara I foto model Auto 2000, Juara I Putri Batak Pos, Finalis Platinum Model Hunt dan masih banyak lagi. Stella juga sempat meraih predikat The Sexy 2006 dalam sebuah event modelling di Jakarta pada tahun 2006 pada saat masih berusia 12 tahun. Masih banyak lagi deretan pencapaian Stella dalam dunia modelling yang tidak akan habis bila kita kupas satu persatu disini. Sebuah lemari trophi di rumahnya yang dipenuhi trophi yang diraihnya dari dunia modeling menjadi bukti shahih pesona seorang Stella Cornelia di hadapan kamera dan pentas catwalk. Bagi yang penasaran soal lemari penuh trophi raihan prestasi modeling Stella dapat disaksikan pada video acara AKBXX pada bagian Stella dan Penampilan Di Jepang.
Setelah bergabung dengan JKT48 dan melakukan debutnya sebagai Idol pada penghujung tahun 2011 pun Stella tetap akrab dengan dunia fashion dan modelling. Selain menjadi salah satu member andalan yang menjadi model utama sejumlah iklan televisi JKT48. Stella juga menjadi semacam panutan para member lain dalam hal fashion. Bersama Jessica Veranda (Ve), Stella menjadi ratu fashion di JKT48. Bahkan dalam ajang Jpop Culture 2012 dimana AKB48 dan JKT48 menjadi bintang tamu dalam sebuah fashion act, Stella menjadi salah satu member yang terpilih bersama beberapa member lain baik dari AKB48 maupun JKT48.
Satu hal yang patut diacungi jepmpol dari Stella adalah semenjak di dunia modelling hingga kini menjadi seorang Idol adalah komitmennya untuk tetap menomorsatukan pendidikan. Sungguh suatu pemikiran cerdas dari gadis penuh talenta yang tidak hanya memikirkan masa kini tapi juga masa depan.
Perjalanan Karir di JKT48
Stella mengawali debutnya sebagai seorang Idol bersama para member JKT48 generasi pertama pada 17 Desember 2011 dalam acara 100% Ampuh Produksi Global TV. Stella kemudian masuk dalam line up 16 member JKT48 yang ikut serta dalam ajang tahunan AKB Kouhaku Uta Gasen 2011 dan kemudian melakukan debut penampilan di Jepangnya pada 20 Desember 2011 bersama 15 member lainnya membawakan lagu Aitakatta (Versi Bahasa).  Stella juga membuat sejarah bersama para member JKT48 lainnya dengan menjadi artis asal Indonesia pertama yang muncul dalam NHK Kouhaku Utagasen 2011. Stella juga masuk dalam jajaran member JKT48 dalam konser di Tokyo Dome dan muncul kembali untuk kedua kalinya bersama para member JKT48 lainnya dalam AKB Kouhaku Utagasen 2012 dan NHK Kouhaku Utagasen 2012 bersama AKB48 dan 48 Sisters lainnya.
Sementara itu, sebagaimana diketahui bahwa JKT48 adalah Idol Group yang tampil hampir setiap hari secara eksklusif di Theater mereka di Lantai 4 Mall FX bilangan Senanyan Jakarta. Dalam setiap penampilannya JKT48 membawakan rangkaian lagu yang disebut setlist. Sejauh ini Stella telah terlibat dalam dua buah Setlist JKT48 yaitu Setlist Pajama Drive dan Rennai Kishi Jourei (Aturan Anti Cinta).
Pajama Drive adalah setlist theater pertama JKT48. Stella terlibat dalam setlist ini bersama sejumlah member generasi pertama JKT48 saat mereka masih bersatatus Kenkyuusei (Trainee). Pada setlist ini stella tampil dalam sejumlah lagu bersama member member lainnya dalam satu kelompok yang terduri dari sekiter 16 orang per penampilan. Selain tampil dalam kelompok besar, Stella juga tampil dalam kelompok kecil yang disebut Unit. Dalam setlist Pajama Drive Stella dipercaya membawakan Unit Song berjudul Junjou Shougi (Prinsip Kesucian Hati). Tidak ada penjelasan dari official soal alasan pemilihan member dalam unit song ini. Tapi yang jelas Trio Penyanyi Utama dalam unit song ini Stella Cornelia, Jessica Veranda (Ve) dan Sonya Pandarmawan terasa begitu pas. Ketiganya mampu menjadi trademark bagi unit song yang istimewa dengan sedikit sentuhan nuansa sexy ini.
Renai Kishi Jourei atau Aturan Anti Cinta adalah setlist theater yang saat ini telah dan sedang dipentaskan di Thetaer JKT48 di Lantai 4 Mall FX Jakarta. Setlist ini dibawakan Team J dimana saat ini Stella bergabung. Dalam Setlist yang mulai dipentaskan medio akhir Desember 2012 ini, Stella membawakan sejumlah lagu non unit bersama para member lainnya. Untuk unit song Stella masih beberapa kali berganti unit song pada setlist ini, namun kebanyakan fans menginginkan Stella kembali ditampilkan bersama Sonya dan Ve dalam unit song bertajuk “Malaikat Hitam” (“Kuroi Tenshi”).
Langganan Line Up Iklan
Selain menjadi salah satu member langganan dalam line up konser dan thetaer JKT48, Stella juga menjadi salah satu member terdepan dalam spot penampilan pada beberapa iklan televisi JKT48. Selain turut ambil bagian dalam iklan televisi fenomenal Poccarie Sewat Youth Sweat Beautiful yang meroketkan nama JKT48 dan beberapa iklan televisi lain bersama para member lainnya, Stella juga menjadi front member dalam Iklan Laurier Go With Thin bersama Dhike dan Ikon Utama JKT48 Melody Nurramdhani Laksani.
Bahkan dalam iklan televisi JKT48 untuk Biore Frshy Blossom, Stella menjadi figur utama yang menguasai hampir 80% spot penampilan dalam iklan yang menjadikan hits mereka Ponytail To Shushu (Ponytail dan Ikat Rambut) sebagai jingle nya itu.
Penampilan di Jepang
Stella mengawali debut penampilan di Jepangnya saat masuk dalam line up member JKT48 yang tampil membawakan lagu Aitakatta dalam ajang tahunan AKB Kouhaku Utagasen 2011 di Tokyo Dome City Hall Jepang. Setelah itu Stella seakan menjadi langganan untuk masuk skuad line up JKT48 dalam beberapa konser di negeri sakura. Stella sempat tidak masuk line up member dalam konser 3 hari di Saitama Sport Arena, nama Stella kembali ke jajaran line up pada konser pretsisius di Tokyo Dome Stadium Jepang 2012. Stella kembali menembus skuad yang tampil membawakan lagu Kitagawa Kenji pada event AKB Kouhaku 2012 dan ini adalah pemunculan kedua Stella dalam ajang tahunan ini. Selain dalam sejumlah konser Stella juga menghiasi beberapa tayangan televisi negeri matahari terbit itu, diantaranya adalah acara Waratte Itemo dan Shuukan AKB. Acara lain yang juga menampilkan Stella adalah acara AKBXX. Dalam acara ini kita bisa melihat lebih dekat rumah Stella dan kamar yang ia tempati bersama adiknya yang juga member JKT48 lainnya Sonia Natalia (Sonia JKT48). Bagi yang penasaran dengan lemari piala modelling Stella yang penuh dengan torehan prestasinya juga dapat disaksikan lewat video acara ini.
Vintage dan Kacamata
Sebagai member dengan bacground dunia modeling dan fashion, tentu Stella menjadi salah satu trendsetter dalam hal gaya berpenampilan diantara member JKT48. Untuk pilihan gaya penampilan Stella sangat gemar berpenampilan dengan balutan gaya Vintage. Kecintaan Stella pada style ini dapat kita saksikan dalam cuplikan acara Warna Trans 7. Selain style vintage, Stella juga sangat khas dan terkenal dengan kegemarannya memakai kacamata terutama kacamata besar. Fans pun banyak yang menyukai style kacamata besar ala Stella ini. Tidak hanya itu salah satu kacamata Stella pernah terlelang senilai Rp. 1.000.000 walau pada saat membeli ia mengaku hanya berharga Rp. 20.000. Hal ini terjadi pada acara lelang dalam kegiatan amal bulan Ramadhan pada event Buka Puasa Bersama Member dan Fans JKT48 pada bulan Ramadhan 2012 yang lalu.
Masa Depan
Sebagai seorang Idol, sosok Stella mempunyai banyak sisi yang bisa menjadi panutan bagi para fans dan orang banyak. Selain sosoknya yang dikenal sebagai Idol dengan dedikasi dan profesionalisme yang tinggi. Stella juga merupakan sosok yang pantang menyerah dan selalu ingin jadi lebih baik. Tidak heran pencapaian demi pencapain terus diraih si jelita yang suka berkacamata ini.
“Saya dulu tidak bisa menari sama sekali. Tapi saya terus berlatih sampai mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Stella. “Kalau ditanya bagaimana hasil tarian saya sekarang, belum bisa mengatakan puas terhadap hasilnya, namun karena sering berlatih, kini hampir tidak menemukan kesulitan jika terdapat gerakan baru dan pelan-pelan mulai menemukan kepercayaan diri saat menari.”
Dimasa depanpun Stella berkeinginan menjadi Idol yang sukses dan berdedikasi bagi fans dan menembus ke jenjang karir yang lebih tinggi. Kesemuanya itu ia dedikasikan bagi fans dan kedua orang tuany
a.

0 komentar:

Posting Komentar